Jumat, 20 April 2012

PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA


RPP
Satuan Tingkat Pendidikan           : SMA
Mata Pelajaran                                : Matematika
Kelas/Semester                               : XII IPA/2
Materi                                                 : Penerapan eksponen dan logaritma  
Alokasi Waktu                                  : 2 x 45 Menit

I.           Standar Kompetensi       : 7. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah
II.          Kompetensi Dasar           : 7.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan eksponen atau logaritma


III.        Indikator                              :
A. Kognitif
1.     Menentukan penyelesaian model matematika yang berbentuk fungsi eksponen atau logaritma


B. Afektif
1.     Karakter
a)    Menghargai
b)    Tanggung jawab individu
c)     Tanggung jawab sosial
d)    Dapat dipercaya
2.     Keterampilan Sosial
a)    Kerjasama
b)    Memberikan ide atau pendapat
c)     Menjadi pendengar yang baik
d)    Bertanya

C.    Psikomotor
-

IV.       Tujuan Pembelajaran     :
A. Kognitif
1.     Diberikan model matematika yang berbentuk fungsi eksponen,siswa dapat menentukan penyelesaian dari model matematika yang berbentuk fungsi eksponen
2.     Diberikan model matematika yang berbentuk fungsi logaritma,siswa dapat menentukan penyelesaian dari model matematika yang berbentuk fungsi logaritma

B. Afektif
1.     Prilaku Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
a.       Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter mengharagai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
b.      Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
c.       Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
d.      Dalam proses pembelajaran,siswa dapat dilatih karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur,mampu mengikuti komitmen,mencoba melakukan tugas yang di berikan ,menjadi teman yang baik dan mampu membantu orang lain.

2.     Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
a.     Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.
b.     Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
c.     Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
d.     Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
C.    Psikomotor
-

V.         Model dan Metode Pembelajaran:

Model Pembelajaran: Pembelajaran langsung
      
Metode Pembelajaran : Tugas; Kerja kelompok; Diskusi-Tanya Jawab;

VI.       Alat dan Bahan:
-

VII.      Berbasis ICT/Internet:
-


VIII.    Materi Pembelajaran:
v Penerapan model matematika yang berbentuk fungsi eksponen dan logaritma



IX.       Proses Belajar Mengajar:
A.   Pendahuluan (± 15 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter /keterampilan sosial
Keterlaksanaan
(terlaksana/tidak)
Saran
Perbaikan
1
Guru memberi pertanyaan kepada siswa secara lisan tentang materi eksponen dan logaritma yang telah dipelajari sebelumnya
Dalam kegiatan ini siswa dilatih karakter memberikan ide/pendapat dan tanggung jawab individu


2
Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan   beberapa manfaat yang didapat siswa jika mempelajari penerapan model matematika yang berbentuk fungsi eksponen dan logaritma
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi pendengar yang baik, menghargai


3
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan garis-garis besar kegiatan pembelajaran berkelompok yang akan dilakukan siswa
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi pendengar yang baik, menghargai ,aktif bertanya



B.   Kegiatan Inti (± 60 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter /keterampilan sosial
Keterlaksanaan
(terlaksana/tidak)
Saran
Perbaikan
1
Guru menjelaskan contoh penerapan model matematika yang berbentuk fungsi eksponen dan logaritma
Dalam kegiatan ini, siswa dilatih karakter  menghargai ,bertanya ,dan menjadi pendengar yang baik


2
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang heterogen dan setiap kelompok di beri LKS 3(laporan Kerja siswa 3)
Dalam kegiatan ini siswa dilatih karakter menjadi pendengar yang baik dan menghargai


3
Siswa mendiskusikan cara menentukan penyelesaian dari model matematika yang berbentuk fungsi eksponen dan logaritma dan menyelasaikan LKS yang diberikan secara berkelompok
Dalam kegiatan ini siswa dilatih karakter bekerjasama, menghargai,tanggung jawab individu dan sosial,memberi ide/pendapat


4
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
Dalam kegiatan ini siswa dilatih karakter untuk,tanggung jawab sosial  individu, menghargai , memberikan ide/pendapat,menjadi pendengar yang baik dan bertanya











C.   Penutup (± 15 Menit)
No.
Kegiatan
Karakter /keterampilan sosial
Keterlaksanaan
(terlaksana/tidak)
Saran
Perbaikan
1
Siswa didorong untuk membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari
Dengan kegatan ini, siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, serta  bertanggung jawab secara individu.



2
Siswa diminta untuk mengisi LP : Lembar Penilaian Diri secara individu

Dengan mengisi Lembar Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat dipercaya dan tanggung jawab individu.


3
Siswa diberi pekerjaan rumah tentang penerapan model matematika yang berbentuk fungsi eksponen dan logaritma

Dengan diberikan pekerjaan rumah sisa dilatih karakter tanggung jawab individu dan dapat dipercaya





X.         Sumber Pembelajaran:
1.       Wirodikromo,djumanta.2007.Matematika SMA 3 IPA untuk kelas XII.Jakarta: Erlangga.
2.       Laporan kerja siswa 3
3.       Kunci laporan kerja siswa 3
4.       Lembar penilaian diri
5.       Lembar pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial
6.       Tabel spesifikasi lembar penilaian
7.       Silabus SMA

XI.       Instrumen Penilaian
1.       Laporan kerja siswa 3

Daftar Pustaka
Wirodikromo,djumanta.2007.Matematika SMA 3 IPA untuk kelas XII.Jakarta: Erlangga.
scr

1 komentar:

ARAHKAN MOUSE UNTUK MEMANDU