Selasa, 09 Juni 2015

Rahasia Bisa Menghafal Ribuan Digit 'Bilangan Ajaib' Pi

Liputan6.com, Edmonton - Setiap tahun, para penggemar matematika merayakan Hari Pi atau Pi Day pada tanggal 14 Maret. Sebab, momentum itu sesuai dengan 3 dijit pertama konstanta itu dalam Bahasa Inggris (3.14) -- atau dalam sistem penulisan Indonesia 3,14. 

Pi adalah konstanta matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.  Dan tahun ini, untuk kali pertamanya dalam abad ini, tanggal tersebut mewakili  5 digit pertama pi: 3.14.15 (3,1415). 

Pi adalah bilangan irasional, ia tidak dapat diwakilkan sebagai pecahan sederhana. Bilangan yang paling mendekatinya adalah 22/7.

Pi juga merupakan bilangan desimal yang tidak berujung, tiada berakhir, dan tidak memiliki pola atau pengulangan pada angka desimalnya. Sejumlah orang menjulukinya sebagai 'bilangan ajaib'. 

Ada banyak cara merayakan Pi Day, termasuk mengonsumsi sejumlah besar kue pie -- yang bunyinya hampir serupa. Namun, sejumlah orang melakukan hal lain untuk menunjukkan kecintaannya: menyebut hapalan digit pi. Puluhan, ratusan, ribuan, hingga puluhan ribu angka. 

Pada 1981, seorang pria India bernama Rajan Mahadevan secara akurat menyebut hapalan 31.811 digit pi. Pada 1989, Hideaki Tomoyori menyebut 40 ribu digit pi di luar kepala. 

Rekor Guinness World Record dipegang oleh Lu Chao dari China, yang pada 2005 melafalkan 67.890 digit pi. 

Meski pencapaian mereka luar biasa, hebatnya, kebanyakan dari mereka yang menghafal tidak dilahirkan dengan otak jenius alias orang biasa. Mereka 'hanya' mempelajari teknik mengaitkan digit demi digit dengan tempat-tempat imajiner atau adegan dalam pikiran mereka.

"Kebanyakan dari para penghafal, kemampuan mengingat angka-angka acak dalam jumlah besar, seperti pi, adalah dengan melatih diri sendiri dalam waktu lama," kata Eric Legge, ahli psikologi kognitif dari University of Alberta di Edmonton, Kanada.
Tak Perlu Jenius, yang Penting Usaha 



scr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

ARAHKAN MOUSE UNTUK MEMANDU